Lawang Sewu Tempat Wisata Arsitektur Kuno di Semarang

Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu merupakan bangunan bersejarah yang terdapat di Semarang, Jawa Tengah. Arsitektur kuno peninggalan jaman Belanda ini menjadi ikon yang sangat khas untuk Semarang. Karena letaknya yang mudah untuk ditemukan maka Lawang Sewu menjadi tempat wisata yang sering dituju khususnya bagi wisatawan yang tengah berkunjung ke kota ini. Tak hanya karena sejarah serta pesona arsitekturnya yang begitu indah, saking terkenalnya Lawang Sewu dengan cerita-cerita mistis maka tempat ini menjadi favorit pilihan untuk berwisata dan destnasi libur.

Jika diartikan Lawang Sewu adalah seribu pintu, julukan terhadap bangunan ini muncul dari masyarakat sekiar karena memang fisik arsitektur ini memiliki banyak sekali jendela dan pintu dengan ukuran yang sangat besar. Lawang Sewu terdiri dari dua menara dan dua tingkat lantai.

Lawang Sewu SemarangMenara berfungsi sebagai tempat penampungan air, yang akan dialirkan ke ruang bawah tanah. Khusus ruang bawah tanah, ada kisahnya tersendiri. Dulu tempat ini dijadikan sebagai penjara tahanan Belanda.

Jika kita melihat dari luar, keindahan dan kegagahan bangunan bersejarah ini cukup terasa kental, begitu juga dengan nuansa mistisnya. Harga tiket masuk ke Lawang Sewu cukup murah, yakni hanya 10.000 rupiah saja, biasanya ada beberapa pemandu lokal yang menawarkan kita untuk berkeliling di tempat ini pada siang hari bahkan jika kita mau kita juga bisa uji nyali untuk mengintip dan merasakan suasana mistis Lawang Sewu ini. Bagaimana tertarik dan penasaran untuk mengetahui bagaimana arsitektur bersejarah di Semarang ini? langsung aja ke TKP 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here